Penyebab Bayi Bisa Mengalami Hernia



Penyebab Bayi Bisa Mengalami Hernia,- Hernia ternyata tidak hanya pada orang dewasa, tetapi bisa juga terjadi pada bayi. Waspadai jika anda melihat tonjolan kecil di sekitar pusar atau alat kelamin bayi. Benjolan tersebut bisa jadi hernia, hernia merupakan kondisi saat organ tubuh berada di luar dari posisi yang semestinya. Ini karena otot otot mengalami kelainan sehingga tidak kuat menahan organ tersebut.

Hernia ini bisa jadi sangat berbahaya, mari kita simak jenis hernia yang terjadi pada bayi.  Jenis hernia pada bayi umumnya adalah hernia umbilikus dan hernia inguinalis.

Hernia Umbilikus

Cara awal melacak bayi yang terkena hernia adalah dengan melihat daerah pusarnya, ciri ciri bayi yang memiliki hernia jenis ini adalah saat mendapat tonjolan lunak di sekitar pusar atau terlihat membengkak, apalagi ketika si kecil menangis, batuk atau mengejan saat buang air besar. Kondisi ini lebih sering terjadi pada bayi prematru atau bayi yang memiliki berat badan rendah saat dilahirkan. Hernia ini bisa menyerang bayi perempuan dan bayi laki laki. Namun hernia jenis umbilikus lebih sering terjadi pada perempuan.


Hernia Inguinalis

Hernia inguinalis terjadi karena gangguan usus yang menjulur dari rongga perut bawah dan mencuat ke daerah sekitar alat kelamin. Kondisi ini bisa menyerang bayi laki laki atau perempuan, tetapi kasus ini lebih sering terjadi pada laki laki.

Jika ingin mengetahui tandanya, perhatikan area kelaminnya. Coba lihat apakah ada benjolan sebesar ibu jari di selangkangan atau kantong zakar bayi, apalagi ketika dia sedang menangis atau aktif bergerak. Jika benar maka bayi memiliki hernia inguinalis.

Tidak seperti orang dewasa yang bisa berbicara saat mengalami msalaha bagian tubuh yang tidak normal, maka dari itu anda harus memperhatikan kondisi bayi, salah satunya adalah perhatikan kondisi hernia pada bayi. Pantau terus perkembangan tubuh bayi, jika merasa ada yang janggal, langsung konsultasi pada dokter. cara mengobati hernia pada bayi

0 Response to "Penyebab Bayi Bisa Mengalami Hernia"

Posting Komentar