Penyebab Radang Amandel

Penyebab Radang Amandel,-  peradangan pada amandel disebabkan oleh infeksi bakteri atau virus. Gejala khas sakit tenggorokan, amandel bengkak, kesulitan menelan, demam, dan pembengkakan kelenjar di leher. Pengobatan akan berbeda tergantung pada apakah penyebabnya adalah bakteri atau virus. Operasi pengangkatan tonsil (amandel) mungkin dianjurkan dalam beberapa kasus. 

Sakit tenggorokan dapat dikaitkan dengan pilek dan flu, amandel dan radang tenggorokan. Lihat juga kami halaman radang tenggorokan  jika tonsilitis bakteri / radang tenggorokan diduga atau kami (flu) halaman influenza .
demam kelenjar 1

Informasi Umum

Amandel adalah dua massa bulat kecil jaringan yang dapat dilihat di bagian belakang tenggorokan. Mereka terdiri dari jaringan yang sama ke kelenjar getah bening atau kelenjar dan merupakan bagian dari sistem kekebalan tubuh. 

Amandel dianggap membantu melindungi tubuh dari infeksi selama tahun pertama kehidupan. Mereka tidak tampak penting untuk fungsi kekebalan tubuh di kemudian hari. Tidak ada bukti bahwa tonsilektomi mengurangi kekebalan seseorang. 

Tonsilitis terjadi terutama pada anak-anak, tetapi jarang pada anak-anak kurang dari dua tahun.

Penyebab

Mayoritas kasus tonsilitis disebabkan oleh virus, dengan hanya 15 sampai 30% dari kasus yang disebabkan oleh bakteri. 

Banyak jenis virus dapat menyebabkan tonsilitis virus, tetapi virus dingin adalah penyebab paling umum. Virus Epstein-Barr, yang bertanggung jawab untuk demam kelenjar , dan virus campak juga dapat menyebabkan tonsilitis. Sebagian besar kasus tonsillitis bakteri berhubungan dengan jenis tertentu dari bakteri yang disebut pyogenes streptokokus, yang merupakan penyebab paling umum dari radang tenggorokan. 

Tonsilitis menular jika penyebabnya adalah bakteri dan mungkin menular jika penyebabnya adalah virus, tergantung pada apakah seseorang telah sebelumnya terkena virus tertentu. Tonsilitis yang disebabkan oleh Streptococcus pyogenes adalah sangat menular dan tonsilitis yang disebabkan oleh virus Epstein-Barr menular pertama kalinya seseorang memiliki itu. Dalam kedua kasus, langkah-langkah untuk mencegah penyebarannya harus diambil.
Tanda dan gejala

Sakit tenggorokan sering tanda pertama dari dingin dan mungkin lebih baik setelah satu atau dua hari; gejala dingin lain seperti pilek dan kemacetan dapat mengikuti radang tenggorokan. Gejala utama dari tonsilitis adalah moderat untuk sakit tenggorokan parah yang berlangsung lebih dari 2 hari dan melibatkan radang amandel. Gejala lain dari tonsilitis mungkin termasuk:

  • menelan sulit atau sakit
  • kelenjar bengkak dan lembut (kelenjar getah bening) di sisi leher
  • Bau mulut
  • Demam dan menggigil
  • Kelelahan dan sakit kepala
  • Perut marah atau sakit
  • pembesaran amandel dan memerah dengan bintik-bintik putih / kuning nanah
  • Pernapasan mulut, berisik pernapasan, dan / atau mendengkur (karena pembesaran amandel menghalangi saluran udara)
Gejala radang amandel biasanya sembuh setelah tiga sampai empat hari tetapi bisa berlangsung hingga dua minggu, bahkan dengan perawatan.
komplikasi

The pyogenes streptococcus bakteri yang dapat menyebabkan radang tenggorokan (dan tonsilitis bakteri terkait) dapat mengakibatkan komplikasi serius dari demam rematik dan penyakit ginjal. Untuk alasan ini, penting untuk mencari saran medis dan pengobatan jika  radang tenggorokan diduga. 

Komplikasi yang paling umum dari tonsilitis virus terjadi ketika infeksi menjadi mendalam dalam tonsil mengakibatkan abses peritonsillar (kumpulan nanah samping tonsil). Abses peritonsillar sangat menyakitkan dan jika tidak ditangani dapat menyebar ke leher, menghalangi saluran udara dan menjadi komplikasi yang mengancam jiwa. Mereka biasanya terjadi pada remaja dan dewasa muda tetapi dapat terjadi pada usia sebelumnya.
Diagnosa

Diagnosis ditegakkan berdasarkan gejala dan hasil pemeriksaan fisik tenggorokan. Selain langsung memeriksa tenggorokan dan amandel, dokter mungkin mengambil swab tenggorokan jika infeksi pyogenes streptokokus dicurigai. Swab tenggorokan dikirim ke laboratorium untuk budaya dan identifikasi bakteri yang menyebabkan tonsilitis tersebut. 

GP banyak demam kelenjar tersangka, yang disebabkan oleh virus Epstein-Barr, dalam remaja atau anak muda dengan tonsilitis, terutama jika disertai dengan gejala tambahan dari kelesuan parah dan kelelahan, pembengkakan kelenjar di leher, ketiak dan / atau selangkangan , dan pembesaran limpa.
Pengobatan

Pengobatan tonsilitis virus terutama melibatkan istirahat, pemulihan dan bantuan gejala. Hal ini juga penting untuk minum banyak cairan dan memiliki makanan biasa (makanan lunak dan smoothie yang terbaik). 

Jika infeksi bakteri dikonfirmasi oleh budaya tenggorokan, antibiotik akan diresepkan untuk mencegah komplikasi, terutama demam rematik dan penyakit ginjal. Hal ini penting untuk mengambil kursus penuh antibiotik yang diresepkan untuk mencegah infeksi kembali dan untuk mengurangi kemungkinan mengembangkan demam rematik atau penyakit ginjal. Lihat kami  halaman radang tenggorokan untuk informasi lebih lanjut. 

Antibiotik tidak akan diresepkan untuk tonsilitis virus karena antibiotik tidak efektif terhadap virus. Viral tonsillitis biasanya akan menjadi lebih baik tanpa pengobatan. Nyeri dan pengurangan demam dapat dicapai dengan over-the-counter parasetamol (misalnya Panadol) dan ibuprofen (misalnya Nurofen). 

Berkumur air garam (setengah sendok teh garam untuk secangkir air hangat) dapat memberikan beberapa bantuan gejala yang mungkin mengisap permen keras atau pelega tenggorokan yang mengandung bahan-bahan yang pendinginan, anestesi, anti-septik, atau anti-inflamasi. 

Kortikosteroid seperti deksametason atau prednison dapat diresepkan untuk mengurangi peradangan dan pembengkakan, terutama ketika membuat menelan dan sulit bernapas.
Operasi

Peningkatan pelayanan dan ketersediaan antibiotik yang efektif berarti bahwa operasi pengangkatan amandel (tonsilektomi) kurang umum hari ini daripada sebelumnya. Tonsilektomi, namun, mungkin dianjurkan pada orang yang memiliki episode sering tonsilitis, tonsilitis bakteri yang tidak merespons obat antibakteri, dan orang-orang yang alergi terhadap antibiotik. 
   
Bedah tidak membawa beberapa risiko, termasuk pendarahan selama dan setelah operasi pada beberapa orang. Sakit tenggorokan dan kesulitan makan biasa di beberapa hari pertama setelah operasi. Pemulihan penuh biasanya memakan waktu dua sampai tiga minggu. 

Abses peritonsillar dapat dikeringkan dengan menggunakan jarum suntik atau dengan membuat sayatan dengan pisau bedah. Tonsilektomi merupakan pilihan pada mereka dengan riwayat abses peritonsillar.
Pencegahan

Menghindari kontak dekat dengan orang yang memiliki tonsilitis disarankan untuk mencegah menyampaikan infeksi. Anak-anak dan anggota keluarga lainnya harus dijauhkan dari orang-orang dengan tonsilitis sebanyak mungkin. Tindakan higienis juga harus digunakan untuk mencegah penyebaran infeksi. Ini termasuk:

  • mencuci dan mengeringkan tangan biasa dan menyeluruh
  • Menggunakan tisu untuk menutupi batuk dan bersin
  • Sering dan melalui pencucian dan pengeringan tangan
  • Tidak berbagi makanan, cairan, atau peralatan makan atau minum pembuluh
  • pembersihan sering permukaan terutama di dapur dan kamar mandi.

0 Response to "Penyebab Radang Amandel"

Posting Komentar